Cara mencegah Directory Listener pada Website

Cara mencegah Directory Listener pada Website
Directory Listener atau Directory Listing atau dikenal juga dengan Directory Browsing merupakan suatu tindakan yang dilakukan oleh pengunjung website untuk melihat seluruh file yang ada pada directory tertentu. Tentu saja tujuannya adalah untuk mengetahui informasi yang terdapat pada website tersebut. Untuk memeriksa apakah website Anda dapat melakukan hal tersebut berikut ini adalah bagaimana cara untuk mengujinya dan bagaimana cara pencegahannya.
Cara Menguji
  1. Cara Menguji bahwa website Anda dapat melakukan Directory Listener, buka website Anda kemudian klik kanan pada salah satu image yang ada pada website Anda pilih Open Image in New Tab (pada browser Chromium/Google Chrome), langkahnya seperti pada gambar berikut ini :
    Cara mencegah Directory Listener pada Website
  2. Berikut ini adalah tampilan alamat image yang anda buka tadi. Langkah selanjutnya adalah pada url tadi hapus nama file image tersebut, seperti gambar berikut ini.
    Cara mencegah Directory Listener pada Website

  3. Jika Website anda menampilkan seperti gambar berikut ini, maka website anda masih bisa melakukan Directory Browsing untuk melhat seluruh isi file yang ada pada directory image tersebut.
    Cara mencegah Directory Listener pada Website

Bagaimana Pencegahannya
  1. Untuk pecegahannya ada 2 teknik, yaitu :
    • Membuat file index dengan extention aplikasi web, misalnya index.php, index.html, index.jsp, index.html dan sebagainya
    • Menyisipkan kode Options -Indexes pada file .htaccess
  2. Beikut ini adalah bagaimana menyisipkan kode Options -Indexes pada file .htaccess, seperti pada gambar berikut ini :
    • Buka CPanel anda, arahkan ke File Manager, kemudian temukan file .htaccess, kemudian sisipkan kode Options -Indexes , seperti pada gambar berikut, kemudian save.Cara mencegah Directory Listener pada Website
Untuk mengujinya cobalah untuk mengakses halaman folder image tadi, jika tampilannya seperti gambar berikut, berarti Anda sudah berhasil.
Cara mencegah Directory Listener pada Website

Cukup mudah bukan..  Semoga bermanfaat.

sumber gambar paling atas : http://url.taryo.net/laughingsquid


Untuk mendapatkan Artikel terbaru setiap Update, silakan masukan E-Mail Anda di Kolom bawah ini
(Dijamin ini bukan SPAM dan Rahasia E-Mail Anda tetap kami jaga!)
: