Coretan Kecil Tentang Konsep Cirebon Menuju Smart City

Coretan Kecil Tentang Konsep Cirebon Menuju Smart City
Cirebon atau Caruban atau Kota Wali dan dikenal juga dengan sebutan Kota Udang merupakan salah satu daerah yang paling banyak memiliki potensi kekayaan alam yang melimpah, disamping kultur budaya yang masih kental, Cirebon juga memiliki wilayah yang sangat strategis, diantaranya sebagai pintu gerbang untuk Jalur Utara atau yang disebut juga sebagai Gerbang Pantura yang menuju ke wilayah Jawa dan sekitarnya. Demi menunjang kelancaran lalu lintas tersebut, Cirebon juga sudah dilintasi oleh jalan Tol Terpanjang di Indonesia untuk saat ini yang lebih dikenal dengan Tol Cipali (Cirebon-Palimanan), jalan tol ini dapat mempersingkat waktu tempuh dari jalur biasa yang sudah ada sebelumnya. Disamping pertumbuhan ekonomi yang cukup pesat serta banyaknya pembangunan diberbagai bidang seperti pusat perbelanjaan, jasa penginapan maupun tempat-tempat-tempat hiburan untuk bercengkrama bersama keluarga atau tempat istirahat sekedar melepas lelah dalam menempuh perjalanan menuju ke tempat lainnya. Jika dilihat dari Media Transportasi yang ada pada saat ini, Cirebon juga mempunyai tempat Pelabuhan sendiri yang masih aktif sampai sekarang, disamping sedang dibangunnya Bandara International Kertajati yang ada di Majalengka, semakin nyata bahwa Cirebon nantinya merupakan daerah utama untuk tujuan investasi di masa depan.

Semakin berkembangnya pembangunan yang sedang dilakukan oleh Pemerintah Cirebon, baiknya diikuti juga dengan perkembangan  trend teknologi yang semakin hari semakin maju, misalnya konsep kota yang didalamnya sudah terintegrasi antara komponen yang satu dengan komponen yang lain, dengan nuansa sentuhan teknologi yang dinamakan dengan konsep kota berbasis Smart City. Salah satu Tujuan utamanya yaitu untuk mempermudah mobilitas yang dilakukan oleh para pelaku yang ada didalamnya. Konsep kota dengan basis Smart City harus didukung oleh semua pihak, baik itu dari kalangan masyarakat maupun dari kalangan pemerintah itu sendiri, keduanya akan menjadi bagian utama dari konsep kota yang berbasis Smart City. Apalagi masyarakat ke depannya akan menghadapi datangnya masyarakat ASEAN/GLOBAL yang sebentar lagi diberlakukan. Tentunya hal ini membuat kita sadar bahwa persaingan di semua bidang nantinya akan semakin sulit jika Pemerintah tidak cepat mengambil langkah untuk meningkatkan skill atau kemampuan masyarakatnya untuk menghadapi tantangan yang sudah didepan mata, terutama mengembangkan kemampuan dibidang teknologi.

Siap tidak siap Pemerintah dan Masyarakat Cirebon harus mulai berbenah untuk menghadapi tantangan jaman di era digital ini yang semakin mengadopsi teknologi diberbagai bidang terutama konsep kota yang berbasis Smart City. Sebuah kota yang mengusung konsep Smart City harus didukung oleh semua pihak baik itu dari masyarakat yang akan menjalankan maupun dari pemerintah sebagai penyelenggara hajat. Konsep kota yang bernuansa Smart City tidak lain mempunyai tujuan yang sama yaitu dapat memberi rasa aman, nyaman dan membuat hidup lebih baik lagi. Masyarakat dan Pemerintah memang sangat berperan penting dalam membangun kota yang bernuansa teknologi, disamping memperkenalkan perkembangan teknologi kepada masyarakat, Pemerintah juga diharapkan mampu menggerakan masyarakat agar ikut berperan dalam suksesnya penerapan Smart City tersebut dan diharapkan masyarakat juga dapat menjaga, memelihara serta memberikan saran maupun masukan bagi pemerintah untuk mendukung terciptanya konsep kota berbasis Smart City itu sendiri.

Unsur-unsur terbentuknya sebuah kota yang mengusung konsep Smart City dapat dimulai dari beberapa langkah seperti berikut ini : 
  1. Sebelum membuat konsep lebih jauh mengenai Smart City, Pemerintah dan Masyarakat seharusnya mulai membuat dan menerapkan program sederhana tentang pengenalan penggunaan teknologi bisa dimulai dari Lingkungan Keluarga. Program ini bisa diterapkan pada setiap keluarga atau yang lebih dikenal dengan Konsep Keluarga Pintar (Smart Family). Konsep keluarga pintar lebih fokus untuk mengenalkan dan menerapkan teknologi untuk kehidupan sehari-hari, misanya saja : 
    • Mengenalkan penggunaan teknologi pada anak secara bijak dan benar, orang tua seharusnya mampu memperkenalkan penggunaan teknologi pada anak sejak dini, memberitahukan dampak baik dan buruknya, selalu medampingi anak setiap menggunakan teknologi.
    • Orang Tua juga dapat memanfaatkan teknologi untuk memantau aktifitas anaknya dengan sebuah Gadget. 
    • Jika merasa bahwa menggunakan teknologi membutuhkan biaya yang sangat besar untuk membeli sebuah lisensi, maka Aplikasi Opensource menjadi alternatif yang dapat digunakan. Tentunya hal ini juga harus didukung oleh Pemerintah. Diharapkan Pemerintah juga harus mendukung komunitas-komunitas penggerak Opensource serta menggalakan pemakaiannya pada Lembaga-lembaga di Pemerintahan supaya mereka terbiasa dalam penggunaan aplikasi berbasis GNU/GPL ini, mungkin dengan langkah itu Pemerintah dapat menanamkan kesadaran pada masyarakat bahwa menggunakan sebuah teknologi tidaklah ribet apalagi dicap mahal, bahkan dengan aplikasi Opensource sendiri masyarakat lebih kreatif dalam mengembangkan aplikasi untuk disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing.
      Coretan Kecil Tentang Konsep Cirebon Menuju Smart City
  2. Membangun konsep sekolah dan perguruan tinggi berbasis Teknologi (Smart School), baik itu dari segi pembelajaran maupun dari management sekolah itu sendiri. Dari segi pembelajaran, dimana siswa dituntut aktif untuk memanfaatkan internet untuk mencari solusi atas permasalahan yang diberikan oleh sekolah dan memberikan solusi atas permasalahan tersebut secara kreatif dalam konsep Smart School juga siswa bisa juga merangkap sebagai Guru untuk memberikan informasi kepada teman-temannya yang mereka tidak tahu sebelumnya sehingga akan terciptanya suasana belajar yang menyenangkan. Dari segi Management Sekolah harusnya mendukung terciptanya suasana sekolah yang berorientasi pada konsep Smart School dimana proses belajar mengajar berlangsung secara menarik dan menantang.
    Coretan Kecil Tentang Konsep Cirebon Menuju Smart City

  3. Membangun konsep Desa Pintar yang berbasis Teknologi (Smart Village), membangun smart village atau desa pintar pada dasarnya bertujuan untuk memberikan kemampuan kepada masyarakat agar kualitas hidupnya lebih baik lagi. Dengan adanya konsep Smart Village diharapkan masyarakat dapat mengenal maupun memanfaatkan teknologi untuk keperluan sehari-hari, misalnya saja : 
    • Membangun jaringan telepon gratis dengan memanfaatkan teknologi VoIP yang menggunakan aplikasi pure Opensource (yang masih diperjuangkan oleh Kang Onno W. Purbo dkk) sehingga masyarakat tidak perlu lagi dipusingkan dengan mahalnya masalah pembelian lisensi.
    • Pemanfaatan Teknologi diharapkan mampu untuk menangani masalah yang sering dihadapi oleh masyarakat seperti penanganan hama, informasi tentang argobisnis, dengan bantuan teknologi juga masyarakat dapat mengetahui prakiraan cuaca yang akan dihadapi untuk musim nanti.
    • Pengembangan UKM untuk Go Opensource, serta permasalahan yang lainnya yang dapat ditangani dengan memanfaatkan teknologi yang ada.
      Coretan Kecil Tentang Konsep Cirebon Menuju Smart City

  4. Membangun konsep Smart Goverment atau pemerintahan yang cerdas sebenarnya sudah diaplikasikan dengan konsep E-Goverment dengan tujuan yang sama yaitu meningkatkan efesiensi untuk tugas pemrosesan yang dilakukan pada pelayanan publik, selain itu juga E-Goverment dapat membantu mengembalikan kepercayaan antara masyarakat dan pemerintah dengan transparansi dalam setiap kebijakan yang dilakukan oleh pemerintah karena diawasi langsung oleh masyarakat.
    Coretan Kecil Tentang Konsep Cirebon Menuju Smart City
  5. Membangun konsep Rumah Sakit yang Terintegrasi (Smart Healt), membuat rumah sakit yang saling terintegrasi bertujuan diantaranya memudahkan rumah sakit untuk mengelolah data pasien agar bisa terintegrasi dengan rumah sakit lainnya sehingga, jika suatu saat pasien ditangani oleh rumah sakit lainnya maka dengan mudah, rumah sakit tersebut dapat melihat riwayat rekam medik dengan cepat dan tepat. Dengan konsep rumah sakit yang sudah mengimpementasikan teknologi, pemerintah juga dapat mengawasi sarana dan prasarana, melihat pelayanan, jumlah pasien, dokter dan perawat yang ada pada rumah sakit tersebut memenuhi kriteria baik atau tidak.
  6. Smart Transportation, dengan adanya transportasi yang sudah terintegrasi makin memudahkan masyarakat untuk melakukan berbagai kegiatan. Sebuah kota yang baik tentu saja harus mempunyai sebuah transportasi yang cepat, nyaman, aman dan dapat diandalkan. Disamping itu juga smart transportation dapat mengurangi kemacetan yang dialami oleh sebuah kota-kota besar yang sedang berkembang. Jika media transportasi bisa diandalkan tentu saja masyarakat akan secara suka rela akan berganti ke tempat moda transportasi yang ada. Di Cirebon sendiri sebenarnya sarana untu mendukung Smart Transportation sudah ada tinggal diperbaiki misalnya membangun kembali pelabuhan, Terminal dan media transportasi yang lainnya ke arah yang lebih baik lagi.
    Coretan Kecil Tentang Konsep Cirebon Menuju Smart City

  7. Pemerintah Cirebon juga harus mampu membangun wadah atau tempat untuk masyarakat kreatif yang ingin memberikan ide atau gagasan mengenai terwujudnya kota yang bernuansa Smart City, khususnya untuk para penggiat atau komunitas Opensource di Indonesia.
    Sumber : Koleksi Pribadi http://url.taryo.net/me
  8. Membangun infrastruktur yang mampu menunjang kebutuhan konsep sebuah kota pintar, diantaranya memperbanyak area hotspot yang mudah diakses oleh masyarakat, menyediakan layanan koneksi cepat dan stabil 4G LTE, yang sudah diimpementasikan oleh berbagai provider terbesar diantaranya Smartfren 4G LTE dan provider lainnya.
    Coretan Kecil Tentang Konsep Cirebon Menuju Smart City
  9. Membangun sebuah fasilitas atau tempat untuk masyarakat mengetahui berbagai informasi yang ada pada Cirebon, misalnya informasi mengenai tempat-tempat perbelanjaan yang ada di cirebon, tempat-tempat wisata, tempat-tempat peninggaan sejarah, museum, tempat rekreasi untuk keluarga, rumah sakit terdekat, informasi tempat-tempat hotel-hotel terbesar di cirebon misalnya keberadaan Aston Hotel Cirebon, dengan fasilitas ini cirebon akan semakin dapat dikenal oleh masyarakat secara global.
  10. Coretan Kecil Tentang Konsep Cirebon Menuju Smart City

    Dari semua unsur diatas, unsur masyarakatlah yang sangat berperan penting dalam setiap kebijakan apapun yang dilakukan oleh Pemerintah Cirebon. Karena masyarakat yang nantinya diharapkan dapat menjaga dan memelihara infrastruktur untuk Smart City nanti, oleh karena itu kesadaran masyarakat akan pentingnya peran sebuah teknologi dalam kehidupan sehari-hari harus ditanamkan sejak dini dimulai dari lingkungan keluarga kita sendiri. Selamat Ulang Tahun Cirebon, Selamat Hari Sumpah Pemuda dan Selamat Hari Blogger Nasional dari Blogger Cirebon. Wong Cirebon kudu Bisaaaa! 

    Best Regards

    Taryo, 
    Blogger Indonesia

Untuk mendapatkan Artikel terbaru setiap Update, silakan masukan E-Mail Anda di Kolom bawah ini
(Dijamin ini bukan SPAM dan Rahasia E-Mail Anda tetap kami jaga!)
: