Superhero Hacker dan Pakar IT di Indonesia

Bagi orang awam yang baru mengenal dunia IT tentunya akan sulit mengenal tokoh-tokoh yang sangat dikagumi dan dikenal oleh masyarakat dunia maya di Indonesia pada umumnya, lihat saja karakteristiknya beliau ini sangat mempraktekan seperti ilmu padi, makin berisi makin merunduk, telah banyak jasa - jasa beliau di dunia IT terutama di bidang Software, Opensource dan Perkembangan Internet di Indonesia ,perkembangan Linux Indonesia, berikut  sedikit ulasan tentang profile dari mereka.
  1. Onno Widodo Purbo aka Kang Onno
    Onno Widodo Purbo (lahir di Bandung, Jawa Barat, 17 Agustus 1962; umur 51 tahun) adalah  eorang tokoh dan pakar di bidang teknologi informasi asal Indonesia. Selain pakar, Onno juga dikenal sebagai penulis, pendidik, dan pembicara seminar. Sebagai aktivis Onno dikenal dalam upayanya memperjuangkan internet murah dan menyebarkan Linux. Karya inovatifnya diantaranya adalah Wajanbolic, sebagai upaya koneksi internet murah tanpa kabel dan RT/RW-Net sebagai jaringan komputer swadaya masyarakat untuk menyebarkan internet murah, serta penerapan Open BTS Ia memulai pendidikan akademis di ITB pada jurusan Teknik Elektro pada tahun 1981 dan lulus dengan predikat wisudawan terbaik, kemudian melanjutkan studi ke Kanada dengan beasiswa dari PAUME. Ia juga aktif menulis dalam bidang teknologi informasi media, seminar, konferensi nasional maupun internasional dan percaya filosofi copyleft (sumber terbuka), banyak tulisannya dipublikasi secara gratis di internet. Sebagai pakar teknologi Onno tidak menggunakan telpon genggam pintar (smartphone) namun netbook dan telepon seluler Android merek lokal. Pada Tahun 2013, Ia bergabung sebagai dosen di Surya University, universitas yang didirikan oleh fisikawan; Prof. Yohanes Surya, Ph.D. (wikipedia)
  2. Romi Satria Wahono
    Romi Satria Wahono. Lahir di Madiun, 2 Oktober 1974. Menyelesaikan pendidikan dasar dan menengah di SD Negeri Sompok 4 dan SMP Negeri 8 Semarang. Menamatkan SMA di SMA Taruna Nusantara, Magelang pada tahun 1993. Menempuh pendidikan S1, S2, dan S3 (on-leave) di Department of Computer Science di Saitama University, Jepang pada tahun 1999, 2001, dan 2004. Mantan PNS dan peneliti  Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). Cisco certified instructor lulusan Nanyang Technological University (NTU), Singapore. Bidang minat penelitian adalah Software Engineering dan  Machine Learning. Professional member dari asosiasi ilmiah IEEE Computer Society (90598687), ACM (6680333) dan PMI (2822015).
    Aktif sebagai peneliti dan dosen, dimana ratusan publikasi penelitian dalam bentuk scientific paper, artikel, dan tutorial telah diterbitkan dalam berbagai proceedings conference, jurnal ilmiah, majalah, koran dan portal, bertaraf nasional maupun internasional. Selain menulis tetap di beberapa kolom majalah IT, juga menyempatkan diri untuk menulis bebas di situs blog pribadi di RomiSatriaWahono.Net. Terjun di dunia industri IT semenjak masa kuliah. Memulai karir sebagai software tester, programmer dan system analyst di beberapa software house dan game developer company di Jepang. Memiliki pengalaman sebagai engineer, konsultan, lecturer dan pembicara seminar, workshop, serta conference baik di Indonesia maupun Jepang. (romisatriawahono.net)
  3. I Made Wiryana a.k.a  Made
  4. I Made Wiryana. menamatkan S1 di jurusan Fisika FMIPA Universitas Indonesia pada bidang instrumentasi dan fisika terapan. Dengan beasiswa dari STMIK Gunadarma juga menamatkan S1 Teknik Informatika di STMIK Gunadarma. Melanjutkan studi S2 di Computer Science Department Edith Cowan University - Perth dengan beasiswa ADCSS dan STMIK Gunadarma pada bidang fuzzy system dan artificial neural network untuk pengolahan suara. Menangani perancangan dan implementasi jaringan Internet di Universitas Gunadarma dengan memanfaatkan sistem Open Source sebagai basisnya. Pernah mewakili IPKIN dalam kelompok kerja Standardisasi Profesi TI untuk Asia Pasifik (SEARCC). Saat ini dengan beasiswa dari DAAD melanjutkan studi doktoral di RVS Arbeitsgruppe Universitat Bielefeld Jerman di bawah bimbingan Prof. Peter B Ladkin PhD. Aktif menjadi koordinator beberapa proyek penterjemahan program Open Source seperti KDE, SuSE, Abiword dan juga sebagai advisor pada Trustix Merdeka, distibusi Linux Indonesia yang pertama. Terkadang menyumbangkan tulisannya sebagai kolumnis pada media online DETIK.COM dan SATUNET. Juga kontributor pada KOMPUTEK, MIKRODATA, ELEKTRO dan INFOLINUX. Kontribusi ke komunitas Open Source sering dilakukan bersama-sama kelompok Tim PANDU. Staf pengajar tetap Universitas Gunadarma.(ilmukommputer).
    Masih banyak superhero yang lainnya yang belum terungkap, mereka tetap rendah hati walaupun ilmu dan pengorbanan yang mereka lakukan begitu banyak, semoga apa yang mereka lakukan demi kemajuan Bangsa Indonesia ini mendapat pahala dari Allah SWT. Aamiin.

Untuk mendapatkan Artikel terbaru setiap Update, silakan masukan E-Mail Anda di Kolom bawah ini
(Dijamin ini bukan SPAM dan Rahasia E-Mail Anda tetap kami jaga!)
: