Blusukan Ning Cirebon - Part II

  1. Keraton Kesepuhan
    Keraton Kasepuhan adalah keraton termegah dan paling terawat di Cirebon. Makna di setiap sudut arsitektur keraton ini pun terkenal paling bersejarah. Halaman depan keraton ini dikelilingi tembok bata merah dan terdapat pendopo didalamnya. Keraton Kasepuhan adalah kerajaan islam tempat para pendiri cirebon bertahta, disinilah pusat pemerintahan Kasultanan Cirebon berdiri. Keraton ini memiliki museum yang cukup lengkap dan berisi benda pusaka dan lukisan koleksi kerajaan. Salah satu koleksi yaitu kereta Singa Barong yang merupakan kereta kencana Sunan Gunung Jati. Kereta ini saat ini tidak lagi dipergunakan dan hanya dikeluarkan pada tiap 1 Syawal untuk dimandikan. Bagian dalam keraton ini terdiri dari bangunan utama yang berwarna putih. Didalamnya terdapat ruang tamu, ruang tidur dan singgasana raja.
  2. Pintu Gerbang Keraton Kasepuhan
    Halaman Depan Keraton Kasepuhan
    Paksi Naga Lima Keraton Kasepuhan
    Kompleks Keraton Kasepuhan
    Kompleks  Keraton Kasepuhan
    Kompleks Keraton Kasepuhan
  3. Masjid Agung Sang Cipta Rasa
    Sholat jum’atlah di Masjid Agung Sang Cipta Rasa Kasepuhan, selain suasananya yang terasa beda, karena masjid ini adalah masjid kuno yang dibangun pada masa pemerintahan Sunan Gunung Jati pada tahun 1480 M (abad 15). Anda juga akan berkesempatan mendengarkan adzan pitu, yaitu adzan yang dikumandangkan oleh tujuh orang muadzin secara bersamaan. Walaupun lafal/bacaan yang dikumandangkannya sama, namun dengan dikumandangkan oleh tujuh orang sekaligus, kita akan merasakan getaran yang berbeda saat mendengarkannya.
    Kompleks Masjid Agung Sang Cipta Rasa
    Pintu Gerbangb  Masjid Agung Sang Cipta Rasa
    Halaman Dalam Masjid Agung Sang Cipta Rasa

  4. Terminal Harjamukti Cirebon
    Kota Cirebon memliki terminal besar Harjamukti, letaknya di jalan By Pass Kota Cirebon. Terminal ini melayani tujuan ke atau dari kota Cirebon.

    Terminal Harjamukti Cirebon
    Terminal Harjamukti Cirebon
  5. Bandara Udara Cakrabuana
    Saat ini Kota Cirebon memiliki bandara Cakrabuana. Dahulu melayani tujuan dari dan ke kota Jakarta. Namun saat ini Bandara Cakrabuana hanya dijadikan sebagai bandara pengumpan/tempat latihan militer.
    Bandara Udara Cakrabuana
  6. Akademi Pelayaran Indonesia
    AKMI Cirebon

  7. Gua Sunyaragi
    Di antara situs-situs peninggalan sejarah dan purbakala di Cirebon, gua Sunyaragi adalah paling menarik untuk dikaji. Situs tersebut sebenarnya merupakan kompleks bangunan-bangunan kuno bekas taman sari dan pesanggrahan. Letaknya termasuk ke dalam wailayah kelurahan Sunyaragi, kecamatan Kesambi Kota Cirebon dan berada di atas tanah milik keraton Kasepuhan secara turun temurun.
    Kompleks Gua Sunyaragi

    Kompleks Gua Sunyaragi
    Kompleks Gua Sunyaragi
    Kompleks Gua Sunyaragi
    Kompleks Gua Sunyaragi
  8. Keliling Kompleks Pendidikan di Jalan Perjuangan : SMK Negeri 1 Cirebon, SMA Negeri 4 Cirebon,SMA Negeri 7 Cirebon, SMK Nasional, SMK Taman Siswa, IAIN, UNTAG, UNSWAGATI, UNTAG PERHOTELAN, UNTAG PASCA.
    SMK Negeri 1 Cirebon
    SMK Negeri 1 Cirebon
    Pasca Sarjana IAIN Syekh Nurjati Cirebon
    Pintu Gerbang SMAN 7 Cirebon

    Unswagati Kampus I

  9. Radar Cirebon, RCTV (Radar Cirebon Televisi)
    Radar Cirebon adalah surat kabar harian pagi yang terbit di Cirebon, Jawa Barat. Harian ini masih satu grup dengan Jawa Pos. Radar Cirebon memiliki sirkulasi di Cirebon, Indramayu, Kuningan, dan Majalengka. Saat ini Radar Cirebon juga mengembangkan Radar Indramayu, Radar Kuningan dan Radar Majalengka, guna menyajikan berita-berita lokal yang lebih banyak.
    Radar Cirebon
    Radar Cirebon
  10. Stadion Bima
    Kompleks Stadion Bima
Akhirnya, selesai juga blusukan kita ke tempat-tempat yang penuh sejarah dan bermakna tentunya di sekita cirebon, semoga bisa menambah rasa cinta kita terhadap tempat kelahiran kita sendiri tentunya, tidak perlu membanggakan tempat wisata dari tempat lain, majukan tempat sendiri kayaknya lebih bagus, walaupun susah., tempat di kita tidak kalah jauh hebatnya bila dibarengi dengan rasa syukur kita kepada sang Pencipta, yaitu Allah SWT.

Ngko Disambung Maning Ning Blusukan Bagian Kabupaten Cirebon, Aja Klalen (Insya Allah).


Untuk mendapatkan Artikel terbaru setiap Update, silakan masukan E-Mail Anda di Kolom bawah ini
(Dijamin ini bukan SPAM dan Rahasia E-Mail Anda tetap kami jaga!)
: