Blusukan Ning Cirebon - Part I


Patung Selamat Datang

Tidak perlu jauh-jauh untuk pergi mencari tempat wisata didaerah lain, ditempat kita berdiri saja banyak, tentunya tempat wisata yang mendidik, yang mempunyai nilai historis/sejarah yang tinggi lebih utama, apalagi sejarahnya itu menyangkut asal muasal daerah kita sendiri, yang menjadikan ciri khas dari daerah kita sendiri, atau menunjungi tempat-tempat pemerintahan mungkin suatu saat anak kita jadi pejabat,mengunjungi tempat-tempat belanja juga barang kali suatu saat kita perlu jalan-jalan sama keluarga untuk belanja, dan tentunya kompleks sekolah maupun perguruan tinggi jika nantinya ada anak atau kerabat ang hendak mau melanjutkan kejenjang yang lebih tinggi, rumah sakit atau instansi kesehatan lainnya juga kita wajib tahu, seandainya ada yang bertanya, semisal tetangga, sahabat atau bahkan orang lain kalau tahu dan membantu mereka Insya Allah lebih berkah lagi tentunya.

Untuk tempat blusukan pertama, yaitu :
  1. Kunjungan Ke Kampung Batik yang berada di Plered Cirebon, yaitu Kampung Batik Trusmi, sambil diteruskan mungkin ke Patilasan Ki Buyut Trusmi.
    Pusat Tokoh Batik Trusmi
    Koperasi batik Trusmi
    Andong Angkutan untuk jalan-jalan
    Masjid Keramat Buyut Trusmi



  2. Kawasan Pendidikan Tuparev ( Univeritas Muhammadiyah Cirebon, SMP/SMA/SMK Muhamaddiyah, SMK Negeri 1 Kedawung, Islamic Center.
    Universitas Muhammadiyah Cirebon


    SMA Muhammadiyah Cirebon

  3. Lewat Jalan Tuparev ada : Gedung PLN dan Tuparev Super Blok bagi yang mau belanja siapin bekal nanti.
    Tuparev Super Blok
    Gedung PLN Cirebon
  4. Grage Mall
    Bertempat di Jalan Tentara Pelajar No 1 Cirebon. Grage Mall merupakan sebuah pusat perbelanjaan besar dengan konsep modern. akses yang mudah karena berada di pusat Kota Cirebon menjadikannya sebagai landmark Kota Cirebon. di dalamnya terdapat Food Court, Timezone, Gramedia, Matahari, Bioskop Grage 21 yang menampilkan film - film terbaru baik itu dalam negeri dan luar negeri.
    Grage Mall
  5. SMAN 2 Cirebon
    Halte SMAN 2 Cirebon
  6. CSB Mall mempunyai slogan "One Stop Shopping", yang memberikan kenyamanan dan kesenangan jadi dapat dibayangkan suatu tempat dimana dapat melakukan segala kegiatan berbelanja. Supermarket yang lengkap dengan segala kebutuhan sehari-hari, sampai toko-toko yang menyediakan segala sesuatu yang diinginkan untuk memanjakan diri dan mengikuti trend masa kini, semua tersedia di shopping mall yang akan memberi warna tersendiri pada kota Cirebon. Dengan konsep 4 lantai dengan fasilitas gedung parkir 4 lantai yang dapat menampung 1800 unit kendaraan roda empat, sehingga CSB mall masuk dalam katagori mall kelas A yakni setara dengan mall Taman Anggrek, mall Kelapa Gading dan Plaza Senayan di Jakarta. Untuk Mall ini sendiri sudah bergabung: Anchor Tenant HYPERMART terletak di lower ground floor, Dept Store MATAHARI type A mengambil 2 lantai terletek di ground floor dan upper ground floor, STUDIO XXI bioskop dengan kualitas gambar dan suara terbaik saat ini. CSB Mall merupakan pusat life syle dan entertainment di jantung kota Cirebon adalah bagian penting dalam kawasan bisnis terpadu Cirebon Superblok. Hypermart yang luas, pusat hiburan dan permainan keluarga dengan teknologi terbaru, toko, resto, café dan fasilitas penunjang yang lengkap akan menjadikan CSB mall sebagai tempat belanja utama masyarakat cirebon dan sekitarnya.

    CSB Cirebon
    CSB Cirebon - Dalam Pembangunan


  7. Gedung Negara
    Gedung Negara Cirebon

  8. Stasiun Kejaksaan,
    Stasiun Kejaksan
  9. Masjid At-Taqwa
    Masjid Kebanggan Masyarakat Cirebon, yaitu masjid At-Taqwa, subhanallah besarnya sob, di banding masjid-masjid di cirebon, dan begitu indah bentuk dari bangunanya, dari masjid At-Taqwa,
    Masjid At-Taqwa
  10. Gedung Wali Kota
    Pusat Pemerintahan Kota Cirebon
    Gedung Walikota Cirebon
  11. DPRD Kota Cirebon
    Gedung DPRD Kota Cirebon


  12. PGC dan Asia Toserba
    Bertempat di pasar pagi Kota Cirebon. Pusat grosir cirebon (PGC) adalah pusat perbelanjaan favorit Cirebon untuk berbelanja baju dan elektronik handphone. Setiap hari terutama pada hari - hari sabtu dan minggu serta hari - hari menjelang hari raya, PGC laris manis diserbu para pecinta fashion warga Cirebon dan sekitarnya. Lokasinya yang strategis dan harganya yang murah menjadikan PGC sebagai pusat perbelanjaan yang wajib dikunjungi para pelancong dari luar kota.
    Pusat Grosir Cirebon - PGC
    ASIA Toserba


  13. Pasar Kanoman Cirebon
    Pasar Kanoman
  14. Keraton Kanoman
    Keraton Kanoman adalah Kesultanan Cirebon, setelah berdiri Keraton Kanoman pada tahun 1678 M Kesultanan Cirebon terdiri dari Keraton Kasepuhan dan keraton Kanoman yang merupakan pemimpin dan wakilnya. Kebesaran Islam di Jawa Barat tidak lepas dari Cirebon. Sunan Gunung Jati adalah orang yang bertanggung jawab menyebarkan agama Islam di Jawa Barat, sehingga berbicara tentang Cirebon tidak akan lepas dari sosok Syarif Hidayatullah atau Sunan Gunung Jati.

    Keraton Kanoman didirikan oleh Pangeran Mohamad Badridin atau Pangeran Kertawijaya, yang bergelar Sultan Anom I pada sekitar tahun 1678 M. Keraton Kanoman masih taat memegang adat-istiadat dan pepakem, di antaranya melaksanakan tradisi Grebeg Syawal,seminggu setelah Idul Fitri dan berziarah ke makam leluhur, Sunan Gunung Jati di Desa Astana, Cirebon Utara. Peninggalan-peninggalan bersejarah di Keraton Kanoman erat kaitannya dengan syiar agama Islam yang giat dilakukan Sunan Gunung Jati, yang juga dikenal dengan Syarif Hidayatullah.

    Kompleks Keraton Kanoman yang mempunyai luas sekitar 6 hektar ini berlokasi di belakang pasar Di Kraton ini tinggal sultan ke dua belas yang bernama Raja Muhammad Emiruddin berserta keluarga. Kraton Kanoman merupakan komplek yang luas, yang terdiri dari bangunan kuno. salah satunya saung yang bernama bangsal witana yang merupakan cikal bakal Kraton yang luasnya hampir lima kali lapangan sepak bola.

    Di keraton ini masih terdapat barang barang, seperti dua kereta bernama Paksi Naga Liman dan Jempana yang masih terawat baik dan tersimpan di museum. Bentuknya burak, yakni hewan yang dikendarai Nabi Muhammad ketika ia Isra Mi'raj. Tidak jauh dari kereta, terdapat bangsal Jinem, atau Pendopo untuk Menerima tamu, penobatan sultan dan pemberian restu sebuah acara seperti Maulid Nabi. Dan di bagian tengah Kraton terdapat kompleks bangunan bangunan bernama Siti Hinggil.

    Hal yang menarik dari Keraton di Cirebon adalah adanya piring-piring porselen asli Tiongkok yang menjadi penghias dinding semua keraton di Cirebon. Tak cuma di keraton, piring-piring keramik itu bertebaran hampir di seluruh situs bersejarah di Cirebon. Dan yang tidak kalah penting dari Keraton di Cirebon adalah keraton selalu menghadap ke utara. Dan di halamannya ada patung macan sebagai lambang Prabu Siliwangi. Di depan keraton selalu ada alun alun untuk rakyat berkumpul dan pasar sebagai pusat perekonomian, di sebelah timur keraton selalu ada masjid.
  15. Kompleks Keraton Kanoman
    Kompleks Karaton Kanoman
    Kompleks Karaton Kanoman
    Kompleks Karaton Kanoman
    Kompleks Karaton Kanoman
    Kompleks Karaton Kanoman
    Kompleks Karaton Kanoman
To Be Continue.. Dilanjut Maning Ning Blusukan Ning Cirebon Part II

Untuk mendapatkan Artikel terbaru setiap Update, silakan masukan E-Mail Anda di Kolom bawah ini
(Dijamin ini bukan SPAM dan Rahasia E-Mail Anda tetap kami jaga!)
: